Kamis, 18 Agustus 2011

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN MASTOIDITIS


BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Setiap individu berhak atas taraf hidup yang memadai bagi kesejahteraan dirinya maupun keluarganya, termasuk diantaranya sandang pangan, perumahan dan perawatan kesehatan. Pelayanan dirumah sakit diupayakan menuju standar mutu yang telah ditetapkan. Demakian halnya untuk masing – masing bidang pelayanan, salah satunya adalah bagian bedah, sehingga komplikasi pasca pembedahan dapat dihindari. Kondisi kesehatan masyarakat saat ini memungkinkan terjadinya perubahan pada pola penyakit. Salah satunya adalah penyakit yang menyerang telinga atau bisa disebut mastoiditis kronis.
Di Amerika Serikat dan negara maju lain, kejadian dari mastoiditis cukup rendah, sekitar 0,004%, meskipun lebih tinggi di negara-negara berkembang. Usia paling umum terkena adalah 6-13 bulan, Laki-laki dan perempuan sama-sama terpengaruh dan beresiko terkena penyakit mastoiditis. Di negara indonesia belum diketahui secara jelas persentasi kejadian dari pada mastoiditis ini, tetapi negara kita merupakan negara berkembang menuju negara yang maju yang masih rentan dan beresiko tinggi terhadap penyakit ini. Pengobatan biasanya diawali dengan pemberian suntikan antibiotik lalu disambung dengan antibiotic per oral minimal selama 2 minggu. Jika pemberian antibiotic tidak memberikan hasil untuk mengatasi masalah ini, dilakukan mastoidiktomi (pengangkatan sebagian tulang dan pembuangan nanah).
Walaupun angka kejadian dari penyakit mastoiditis di Indonesia ini mulai berkurang dari tahun ketahunnya namun hal ini merupakan sesuatu yang tidak bisa disepelekan karena apabila tidak ditangani dengan tepat maka klien akan mengalami gangguan pendengaran yang bersifat kronis dan sangat mengganggu kenyamanan,    hal inilah yang menjadi dasar kenapa penulis mengangkat makalah ini. Dan diharapkan kepada pembaca untuk bisa memahami secara umum maupun secara khusus tentang penyakit mastoiditis dan dapat mengaplikasikannya di kehidupan yang nyata.




B.     Tujuan

1.      Tujuan Umum
Dengan adanya makalah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami gambaran umum tentang Mastoiditis dan mampu menerapkan asuhan keperawatan pada klien dengan Mastoiditis.

2.      Tujuan Khusus
Adapun tujuan khususnya adalah:
a.              Mengetahui tentang pengertian Mastoiditis
b.              Mengetahui tentang anatomi fisiologis Mastoiditis
c.              Mengetahui tentang etiologi dari Mastoiditis
d.             Mengetahui tentang klasifikasi dari mastoiditis
e.              Mengetahui tentang patofisiologi dan pathwey dari Mastoiditis
f.               Mengetahui tentang manifestasi klinis Mastoiditis
g.              Mengetahui tentang komplikasi Mastoiditis
h.    Mengetahui tentang penatalaksanaan baik penatalaksanaan medis maupun penatalaksanaan keperawatan dari mastoiditis
i.                Mengetahui tentang pemeriksaan penunjang Mastoiditis
j.                Mengetahui asuhan keperawatan pada klien dengan Mastoiditis

 BAB II
TINJAUAN TEORI


A.    Definisi
Mastoiditis adalah inflamasi mastoid yang diakibatkan oleh suatu infeksi pada telinga tengah, jika tak diobati dapat terjadi osteomielitis. Mastoiditis adalah segala proses peradangan pada sel- selmastoid yang terletak pada tulang temporal. Mastoiditis adalah inflamasi mastoid yang diakibatkan oleh suatu infeksi pada telinga tengah, jika tak diobati dapat terjadi osteomielitis.( Brunner dan Suddarth, 2000).
Mastoiditis kronis adalah suatu infeksi bakteri pada prosesus mastoideus (tulang yang menonjol dibelakang telinga)yang berlangsung cukup lama. Mastoiditis marupakan peradangan kronik yang mengenai rongga mastoid dan komplikasi dari otitis media kronis. Lapisan epitel dari telinga tengah adalah sambungan dari lapisan epitel sel – sel mastoid udara yang melekat ditulang temporal. (  Reeves, 2001 )
Mastoiditis adalah sel-sel udara mastoid sering kali terlibat,menimbulkan peradangan dan nekrosis tulang yang terlokalisasi dan ekstensif (osteomyelitis). (Parakrama, 2006)

B.     Anatomi fisiologis
     Secara anatomi telinga dibagi menjadi tiga bagian yaitu telinga luar, tengah dan dalam. Dalam perkembangannya telinga dalam merupakan organ yang pertama kali terbentuk mencapai konfingurasi dan ukuran dewasa pada trimester pertengahan kehamilan. Sedangkan telinga tengah dan luar belum terbentuk sempurna saat kelahiran, akan tumbuh terus dan berubah bentuk sampai pubertas. Secara embriologi telinga luar dan tengah berasal dari celah brankial pertama dan kedua, sedangkan telinga dalam berasal dari plakoda otik. Sehingga suaru bagian dapat mengalami kelainan, sementara bagian lain berkembang normal. Pada kebanyakan kasus telinga luar dan tengah mengalami kelainan kongenital bersama-sama, sedangkan koklea berkembang normal. Hal ini memungkinkan rehabilitasi pendengaran pada kebanyakan kelainan telinga kongenital.

1.      Telinga bagian luar (Auris Eksterna)
b.      Aurikula (Daun Telinga)
Menampang gelombang suara yang datang dari luar masuk ke dalam telinga.
c.       Meatus Akustikus Eksterna
Saluran penghubung aurikula dengan membran timpani, panjangnya ± 2,5 cm terdiri dari tulang rawan dan tulang keras. Saluran ini mengandung rambut, kelenjar sebasea dan kelenjar keringat khususnya menghasilkan sekret – sekre berbentuk serum.
d.      Membrane Timpani
Antara telinga luar dan telinga tengah terdapat selaput gendang telinga yang disebut membrane timpani
 
2.      Telinga Bagian Tengah (Auris Media)
a.       Cavum Timpani
Rongga didalam tulang temporalis terdapat 3 buah tulang pendengaran yang terdiri dari malius, inkus dan stapes yang melekat pada bagian dalam membrane timpani dan bagian dasar tulang Stapes membuka pada fenestra ovalise.
b.      Antrum Timpani
Merupakan rongga tidak teratur yang agak luas terletak dibagian samping dari cavum timpani. Antrum timpani dilapisi oleh mukosa merupakan lanjutan dari lapisan mukosa cavum timpani, rongga ini berhubungan dengan beberapa rongga kecil yang disebul sellula mastoid yang terdapat dibelakang bawah antrum didalam tulang temporalis dan andanya hubungan ini dapat mengakibatkan menjalarnya proses radang.
c.       Tuba Auditiva Eaustaki
Saluran tulang rawan yang panjangnya ± 3,7 cm berjalan miring ke bawah agak ke depan, dilapisi oleh lapisan mukosa.
3.      Telinga bagian dalam (Auris Interna)
Serangkaian saluran bawah dikelilingi oleh cairan dinamakan perilimfe.
a.              Vestibulum
Bagian tengah labirintus osseous pada vestibulum ini membuka fenestra ovale dan venestra rotundum dan pad abagian belakang atas menerima muara canalis semnisirkularis
b.      Cochlea
Berbentuk seperti rumah siput, pada cochlea ini ada 3 pintu yang menghubungkan cochlea dengan vestibullum, cavum timpani dan canalis cochlearis.
c.       Labirintus Membranosus
1.      Utrichulus
Bentuknya seperti kantong lonjong dan agak gepeng terpaut pada tempatnya oleh jaringan ikat, disini terdapat saraf (nervus akustikus) pada bagian depan dan sampingnya ada daerah yang lonjong disebut makula akustica utricula
2.      Sachulus
3.      Duktus Semi Sirkularis
4.      Duktus Cochlearis

C.    Etiologi
Mastoiditis terjadi karena Streptococcus ß hemoliticus / pneumococcus. Selain itu kurang dalam menjaga kebersihan pada telinga seperti masuknya air ke dalam telinga serta bakteri yang masuk dan bersarang yang dapat menyebabkan infeksi .Menyebarnya infeksi dari telinga bagian tengah, infeksi dan nanah mengumpul di sel-sel udara mastoid
Penyebab lain dari Mastoiditis antara lain:
1.      terjadi 2-3 minggu setelah otitis media akut
2.      Klien imunosupresi atau orang yang menelantarkan otitis media akut yang dideritanya. Berkaitan dengan virulensi dari organisme penyebab otitis media akut  yaitu streptococcus pnemonieae.
3.      Bakteri lain yang sering ditemukan adalah adalah branhamella catarrhalis, streptococcus group-A dan staphylococcus aureus ,streptococcus aureus. Bakteri yang biasanya muncul pada penderita mastoiditis anak-anak adalah streptococcus pnemonieae.

D.    Klasifikasi
Klasifikasi dari mastoiditis antara lain:
v  Acute mastoiditis, biasa terjadi pada anak-anak, sebagai komplikasi dari otitis media akut suppurative.
v  Chronic mastoiditis, biasanya berkaitan dengan cholesteatome dan penyakit telinga kronis.
v  Incipient mastoiditis, inflamasi yang terjadi akibat langsung di bagian mastoid.
v  Coalescent mastoiditis, inflamasi yang terjadi akibat komplikasi dari infeksi di organ tubuh yang lain.

E.     Patofisiologi
Penyakit mastoiditis pada umumnya diawali dengan otitis media yang tidak ditangani dengan baik. Biasanya otitis terjadi 2-3 minggu setelah otitis media akut infeksi dan nanah menggumpal disel-sel udara mastoid
      Mastoiditis  kronik  dapat  mengakibatkan  pembentukan kolesteatoma yang merupakan pertumbuhan kulit ke dalam (epitelskuamosa) dari lapisan luar membran timpani ke tengah. Kulit dari membran timpani lateral membentuk kantung luar yang akan berisi kulit yang telah rusak dan baha sebaseur. Kantung dapat melekat kestruktur telinga tengah  dan  mastoid.  Bila  tidak  ditangani, kolesteatoma dapat tumbuh terus dan menyebabkan     paralisisnervus fasialis. Kehilangan pendengaran sensori neural dan atau gangguan keseimbangan (akibat erusi telinga dalam) dan absesotak .
Mastoiditis terjadi sebagai lanjutan dari otitis media supuratik kronik, peradangan dari rongga telinga tengah menjalar ke tulang mastoid melalui saluran aditus adantrum. Mastoiditis dibagi menjadi 2 macam, yaitu bentuk jinak (benigna) dan bentuk ganas (maligna). Pada  bentuk  maligna  peradangan  berlanjut  ke  dalam  tulang tengkorak (intrakranial) sehingga dapat terjadi meningitis, absissubdural, abses otak, tromboflebitis sinus, lateralis, serta mungkin juga terjadi hidrosefalus
Mastoiditis dapat  terjadi  pada  pasien-pasien  imunosupresi atau  mereka  yang  menelantarkan  otitis  media  akut  yang dideritanya. Penyakit ini berkaitan dengan   virulensi dari organisme penyebab. Organisme penyebab yang lazim adalah sama dengan penyebab  otitis  media  akut  yaitu streptococcus  hemlytiens, pneumococcus,   sthapilococcus  aureus  lalbus,  streptococcusviridans.

Kuman aerob
Pathway :
Gram negative : proteus, pseudomonas spp E colli, kuman anaerob
Bakterioides spp
Timbul Infeksi pada telinga
Eksogen infeksi dari luar melalui perforosi membrane tympani
Rinogen dari penyakit ronggga hidung dan sekitarnya
Endogen alergi,DM, TBC paru
Peradangan pada Mastoid
Mastoiditis
Nyeri
Gangguan rasa nyaman Nyeri
Timbul suara denging
Cemas
Gangguan pendengaran
Gangguan Komunikasi
Kemerahan pada mastoid
Kerusakan jaringan/dikontinuitas jaringan
Hipertemi
Keluarnya push
Penurunan harga diri


F.     Manifestasi Klinis
Adapun manifestasi dari penyakit mastoiditis antara lain:
1.         Rasa nyeri biasanya dirasakan dibagian belakang telinga dan dirasakan lebih parah pada malam hari, tetapi hal ini sulit didapatkan pada pasien-pasien yang masih bayi dan belum dapat berkomunikasi. Hilangnya pendengaran dapat timbul atau tidak bergantung pada besarnya kompleks mastoid akibat infeksi.
2.         Gejala dari keluhan penyakit didapatkan keluarnya cairan dari dalam telinga yang selama lebih dari tiga minggu, hal ini menandakan bahwa pada infeksi telinga tengah sudah melibatkan organ mastoid.
3.         demam biasanya hilang dan timbul, hal ini disebabkan infeksi telinga tengah sebelumnya dan pemberian antibiotik pada awal-awal perjalanan penyakit. Jika demam tetap dirasakan setelah pemberian antibiotik maka kecurigaan pada infeksi mastoid lebih besar.

G.    Komplikasi
Komplikasi yang terjadi bila mastoiditis tidak ditangani dengan baik  adalah
1.      Petrositis yaitu infeksi pada tulang disekitar tulang telinga tengah peforasi gendang telinga  dengan cairan yang terus menerus keluar.
2.      Labyrintitis yaitu peradangan labyrint ini dapat disertai dengan kehilangan pendengaran atau vertigo disebut juga otitis imtema
3.      Meningitis yaitu peradangan meningen (ragdang membran pelindung sistem saraf) biasanya penyakit ini dapat disebabkan oleh mikroorganisme.
4.      Abses otak yaitu kumpulan nanah setempat yang terkumpul dalam jaringan otak

H.    Penatalaksanaan
A.    Penatalaksanaan Medis
Penatalaksanaan medis klien dengan mastoiditis antara lain:
1.      Pemberian antibiotik sistemik
Diberikan beberapa minggu sebelum operasi dapat mengurangi atau menghentikan supurasi aktif dan memperbaiki hasil pembedahan.
2.      Pembedahan
a.    Timponoplasti
Adalah rekonstruksi bedah pada mekanisme pendengaran ditelinga tengah, dengan memperbaiki membrana tympanica melindungi finestra cochlease dari tekanan suara. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk menyelamatkan dan memulihkan pendengaran, dengan congkok membran timpani dengan rekonstruksi telinga tengah. Sedangkan tujuan skundernya adalah untuk mempertahankan atau memperbaiki pendengaran (timpanoplasti) bilamana mungkin. Terdapat berbagai teknik timpanoplasti yang berbeda yaitu pencangkokan (kulit, fasia, membran timpani homolog) dan rekonstruksi (osikula homolog, kartilago dan aloplastik).
b.      Mastoidektomi
Adalah pembedahan pada tulang mastoid. Tujuan dilakukan mastoidektomi adalah untuk menghilangkan jaringan infeksi, menciptakan telinga yang kering dan aman.

B.     Penatalaksanaan keparawatan
Penatalaksanaan keperawatan pada klien dengan mastoiditis antara lain:
1.      Perawatan Pre-operasi
Perawat mengajarkan secara khusus pada klien yang dijatwalkan untuk menjalani tympanoplasty.
2.      Perawat post operasi
Rendaman antiseptik gauze (an antiseptic-soaked gauze) seperti lodoform gauze (nauga-uze) dimalut dalam kanal audiotori.
3.      Terapi konservatif
Yaitu menasehati unuk menjaga telinga agar tetap kering serta membersihkan telinga dengan penghisap secara berhati-hati ditempat praktek.
4.      Pemberian bubuk atau obat tetes yang biasanya mengandung antibiotik dan steroid.
C.    Pemeriksaan Penunjang
1.       Pemeriksaan Darah
2.       Foto Mastoid
3.       Kultur Bakteri Telinga
4.       MRI
5.       CT Scant
6.       Radiologi
7.       Tympanocintesis & myringotomi

D.    Pengkajian keperawatan
pengkajian yang dilakukan antara lain:
1.      Keluhan utama
Klien mengatakan nyeri pada telinga bagian belakang engan sekala nyeri 6
2.      Riwayat kesehatan sekarang
Biasanya diawali adanya otitis media akut setelah 2-3 minggu tanpa penanganan yang baik nanah dan infeksi menyebar ke sel udara mastoid. Dapat muncul atau keluar cairan yang berbau dari telinga, timbul nyeri di telinga dan demam hilang timbul.
3.      Riwayat kesehatan dahulu
Adanya otitis media kronik karena adanya episode berulang.
4.      Pemeriksaan fisik
Pemeriksaan fisik yang didapat:
a.       Suhu tubuh meningkat, denyut nadi meningkat (takikardi)
b.      Kemerahan pada kompleks mastoid
c.       Keluarnya cairan baik bening maupun berupa lendir
d.      Matinya jaringan keras (tulang, tulang rawan)
e.       Adanya abses (kumpulan jaringan mati dan nanah)
f.       Proses peradangan yang tetap melebar ke bagian dan organ lain
Riwayat infeksi pada telinga tengah sebelumnya


E.     Diagnosa keperawatan
diagnosa keperawatan yang muncul pada mastoiditis antara lain:
1.      Perubahan persepsi/ sensori auditoris berhubungan dengan kerusakan pendengaran.
2.      Hipertermi berhubungan dengan proses inflamasi.
3.      Risiko cidera berhubungan dengan bahaya lingkungan infeksi.
4.      Kerusakan komunikasi verbal berhubungan dengan perubahan persepsi sensori auditoris.
5.      Nyeri berhubungan dengan trauma pembedahan.
6.      Risiko infeksi berhubungan dengan kerusakan jaringan.
7.      Ansietas berhubungan dengan menghadapi prosedur bedah.
8.      Risiko cidera berhubungan dengan penurunan kesadaran.






F.     Intervensi dan Rasional
1.      Perubahan sensori/persepsi (auditoris) berhubungan dengan kerusakan pendengaran
Tujuan       : Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam pasien mampu mendengar dengan baik
Kriteria Hasil    : a. Pasien mengalami potensial pendengaran maksimum
                     b. Pasien menggunakan alat bantu dengar dengan tepat
No
Intervensi
Rasional
1.
Kaji tentang ketajaman pendengaran
Menentukan seberapa baik tingkat pendengaran klien
2.
Diskusikan tipe alat bantu dengar dan perawatannya yang tepat
Untuk menjamin keuntungan maksimal
3.
Bantu pasien berfokus pada semua bunyi di lingkungan dan membicarakannya hal tersebut
Untuk memaksimalkan pendengaran

2.      Hipertermi berhubungan dengan proses inflamasi
Tujuan          : Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam suhu tubuh dapat normal (360-370C)
Kriteria Hasil:  a.  Suhu tubuh dalam rentang normal (360-370C)
                         b. Kulit tidak teraba hangat
                         c. Wajah tidak tampak merah
                         d. Tidak terjadi dehidrasi




No
Intervensi
Rasional
1.
Pantau input dan output
Untuk mengetahui balance cairan pasien
2.
Ukur suhu tiap 4-8 jam
Untuk mengetahui perkembangan klien
3.
Ajarkan kompres hangat dan banyak minum
Untuk menurunkan panas tubuh dan mengganti cairan tubuh yang hilang
4.
Kolaborasi dengan pemberian antipiretik
Untuk menurunkan panas
3.      Kerusakan komunikasi verbal berhubungan dengan ketidakmampuan untuk mendengar petunjuk auditoris
Tujuan       : Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam pasien dapat berkomunikasi dengan baik
Kriteria Hasil        :  a.       Pasien terlibat dalam proses komunikasi
                    b.       Pasien menunjukkan kemampuan untuk membaca gerak bibir
                    c.       Pasien dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan cara yang diajarkan
No
Intervensi
Rasional
1.
Berbicara jelas dan tegas tanpa bergerak
Membantu pasien merangsang komunikasi verbal
2.
Kurangi kegaduhan lingkungan
Mempermudah pasien dalam mendengar
3.
Ajari keluarga dan orang lain yang terlibat dengan pasien tentang perilaku yang memudahkan membaca gerak bibir
Untuk merangsang komunikasi verbal
4.
Bila menggunakan alat bantu dengar, kenakan pada telinga yang tidak dioperasi
Mempermudah pasien mendengar sehingga dapat lancar dalam berkomunikasi

4.      Nyeri berhubungan dengan trauma pembedahan
Tujuan       : Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam nyeri teratasi
Kriteria Hasil    : a. Pasien mengatakan nyeri berkurang
                           b. Skala nyeri turun
                           c. Wajah pasien tampak rileks

No
Intervensi
Rasional
1.
Kaji ulang skala nyeri, lokasi, intensitas
Mengetahui ketidakefektifan intervensi
2.
Berikan posisi yang nyaman
Mengurangi nyeri

3.
Ajarkan teknik relaksasi dan ciptakan lingkungan yang tenang
Mengalihkan perhatian pasien terhadap nyeri dan mengurangi nyeri
4.
Kolaborasi pemberian analgesik, antibiotika, dan anti inflamasi sesuai indikasi
Dapat mengurangi nyeri, membunuh kuman dan mengurangi peradangan sehingga mempercepat penyembuhan

5.      Risiko infeksi berhubungan dengan pemasangan graft, trauma bedah terhadap jaringan.
Tujuan     : Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam risiko infeksi dapat hilang atau teratasi
Kriteria Hasil    : a.  Pasien tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi


No
Intervensi
Rasional
1.
Observasi keadaan umum pasien selama 24 jam
Mengetahui keadaan umum pasien
2.
Anjurkan pentingnya cuci tangan dan mencuci telinga luar
Mencegah penularan penyakit
3.
Lakukan perawatan graft
Mencegah infeksi
4.
Kolaborasi pemberian antibiotik profilaksis
Agar dapat membunuh kuman, sehingga tidak menularkan penyakit terus-menerus

6.      Ansietas berhubungan dengan menghadapi prosedur bedah
Tujuan     : Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam ansietas berkurang
Kriteria Hasil       : a. Menunjukkan kontrol agresi, kontrol ansietas, koping, kontra impuls, penahanan mutilasi diri secara konsisten dan substansial
                        b.  Menunjukkan ketrampilan interaksi sosial yang efektif
No
Intervensi
Rasional
1.
Informasikan pasien tentang peran advokat perawat intra operasi
Kembangkan rasa percaya/ hubungan, turunkan rasa takut akan kehilangan kontrol pada lingkungan yang asing
2.
Identifikasi tingkat rasa takut yang mengharuskan dilakukan penundaan prosedur pembedahan
Rasa takut yang berlebihan/ terus-menerus akan mengakibatkan reaksi stress yang berlebihan, risiko potensial dari pembalikan reaksi terhadap prosedur/ zat-zat anestesi
3.
Cegah pemajan tubuh yang tidak diperlukan selama pemindahan ataupun pada tulang operasi
Pasien akan memperhatikan masalah kehilangan harga diri dan ketidakmampuan untuk melatih kontrol
4.
Berikan petunjuk/ penjelasan yang sederhana pada pasien yang tenang
Ketidakseimbangan dari proses pemikiran akan membuat pasien menemui kesulitan untuk memahami petunjuk-petunjuk yang panjang dan berbelit-belit
5.
Kontrol stimulasi eksternal
Suara gaduh dan keributan akan meningkatkan ansietas
6.
Berikan obat sesuai petunjuk, misal; zat-zat sedatif, hipnotis
Untuk meningkatkan tidur malam hari sebelum pembedahan; meningkatkan kemampuan koping

7.      Risiko cidera berhubungan dengan penurunan kesadaran.
Tujuan            : Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam tidak terjadi cidera
Kriteria Hasil  : Tidak mengalami cidera fisik
No
Intervensi
Rasional
1.
Cegah infeksi telinga tengah
Agar kerusakan pendengaran tidak meluas
2.
Meminimalkan tingkat kebisingan di unit perawatan intensif
berhubungan dengan kehilangan pendengaran
3.
Lakukan upaya keamanan seperti ambulasi terbimbing
Untuk mencegah pasien jatuh akibat vertigo/ gangguan keseimbangan
4.
Kolaborasi dengan pemberian obat antiemetika dan outivertigo sesuai indikasi, misalnya antihistamin
Mengurangi nyeri kepala sehingga terhindar dari jatuh




BAB III
ASUHAN KEPERAWATAN

A.    Kasus
Ny. S berusia 40 tahun opnam di RS respati  yogyakarta sejak 1 hari yang lalu klien datang dengan keluhan pendengaran telinga kiri dan kanan  menurun/tidak mendengar sejak 2 tahun yang lalu, klien juga mengatakan terasa nyeri pada kedua tulang telinga bagian belakang, skala nyeri 6, dan klien mengeluh telinga kanan dan kiri 1 bulan terakhir sering basah karena keluar cairan dari  dalam telinga, dari hasil pengkajian didapatkan TTV: TD 130/80 mmHg, nadi 84x/mnt,RR 24x/menit, suhu 38,8oC, klien mengatakan badannya terasa demam dan kepalanya kadang- kadang  pusing Kemerahan pada kompleks mastoid, Keluarnya cairan baik bening maupun berupa lendir dan pus.

Hasil pemerikasaan penunjang didapatkan:
·         Ct scant         : ada kelainan telinga tengah, mastoid dan telinga dalam. Yang memperlihatkan penebalan mukosa dalam rongga telinga tengah di samping dalam rongga mastoid.
·         Foto Ro: Mastoiditis bilateral tipe sklerotik. 
·         Otoskopi: terlihat infeksi telinga tengah

B.   Pengkajian Keperawatan
A.    Pengkajian
Tanggal Masuk : 18 agustus 2011
Jam      : 8.45 WIB                 
NamaPerawat              : Viktorinus
TanggalPengkajian      : 18 agustus 2011
Jam Pengkajian           : 09:00

1.    Biodata
Pasien                                  
Nama                                                :Ny. s
Umur                                     : 45 tahun
Agama                                  : Islam
Suku                                      : Jawa
Pendidikan                            : SD
Pekerjaan                              :Ibu Rumah Tangga
Status pernikahan                 :Menikah
Alamat                                  :Jl.patimura no 64 B sleman.
DiagnosaMedis                     :mastoiditis

Penanggungjawab  
Nama                                                :Tn, P
Umur                                     : 50 tahun
Agama                                  : Islam
Suku                                      : Jawa
Pendidikan                            : SMA
Pekerjaan                              :wiraswata
Status pernikahan                 :menikah
Alamat                                  :Jl.patimura no 64 B sleman.
Hubungandenganpasien       :Suami

2.    Keluhan Utama
Klien mengatakan pendengaran telinga kanan dan kiri menurun/tidak mendengar sejak 2 tahun.

3.      RiwayatKesehatan
ü  Riwayat Penyakit Sekarang :
Nyeri pada kedua telinga bagian belakang, dan 1 bulan ini telinga kanan dan kiri sering basah akibat keluarnya cairan dari dalam telinga.
ü  Riwayat Penyakit Dahulu :
Tuli konduksi, perforasi membran timpani/perforasi sub total. Klien tidak memiliki riwayat alergi.
ü  Riwayat penyakit keluarga        :
Keluarga klien tidak mempunyai riwayat penyakit keluarga seperti hipertensi, DM, asma, penyakit jantung koroner.

Genogram

Keterangan:
      : Perempuan
      : laki-laki
      : pasien
      : tinggal satu rumah



4.    Basic Promotion Physiology of health
a.       Aktivitas dan latihan:
Klien tidak pernah melakukan pemeriksaan tes pendengaran,

b.      Tidur dan istirahat
Sebelum:
                         Lama Tidur      : 8-9 jam
                         Tidur siang       : Ya

Selama sakit:
                         Lama tidur       : 4 jam
                         Tidur siang       : ya

c.       Kenyamanan dan nyeri
Paliatif dan profokatif  : nyeri terjadi  saat klien beraktivitas dan berkurang saat klien duduk dan istrahat
Quality         : nyeri tekan
Region          : nyeri pada bagian belakang telinga kiri dan kanan
Scale             : 6
Time             :0-10 menit nyeri hilang timbul

d.      Nutrisi
Sebelum:
1)      Frekuensi makan                       : 3x1
2)      BB/TB                                      : 50kg/155cm
3)      Jenis makanan                           : Padat
4)      Makanan yang di sukai             : Sate
5)      Makanan pantang                     : Tidak ada makanan pantang
6)      Nafsu makan                            : Porsi makan selalu di habiskan
7)      Masalah pencernaan                 : Tidak ada masalah pencernaan
8)      Diit RS                                     : Tidak ada program diet dari RS
Selama sakit:
1)      Frekuensi makan                      : 3x1
2)      BB/TB                                     : 50  kg/155cm
3)      IMT                                         :20,41
4)      BB dalam satu bulan terakhir  : tidak ada penurunan berat badan
5)      Jenis makanan                          : Padat
6)      Makanan yang disukai             : Sate
7)      Makanan pantang                    : makanan yang asin-asin
8)      Nafsu makan                           : Porsi makan tidak di habiskan
9)      Masalah pencernaan                : tidak ada masalah pencernaan
10)  Diit RS                                                : tidak ada program diet RS
11)  Kebutuhan pemenuhan ADL makan : Mandiri


e.       Cairan, elektrolit dan asam basa
Sebelum:
1)      Frekuensi minum/24jam           : 1500-1600cc
2)      Turgor kulit                               :  Elastis          
Selama sakit:
1)      Frekuensi minum/24jam        : 1000cc
2)      Turgor kulit                           : Tidak elastis
3)       

f.       Oksigenasi
Sesak nafas                 : Tidak
Batuk                          : Tidak
Sputum                        : Tidak
Nyeri dada                  : Tidak
RR                               : 24x/mnit
Kedalaman Napas       : Inspirasi dalam
Irama                           : Reguler

g.      Eliminasi urin
Sebelum:
1)      Penggunaan Kateter          : Tidak ada penggunaan kateter
2)      Warna                                : Bening
Selama sakit:
1)      Penggunaan Kateter          : Tidak ada penggunaan kateter
2)      Warna                                : urine bening


h.      Eliminasi fekal
Sebelum dirawat:
Klien mengatakan BAB lancar sebelum sakit dan tidak diare
Selama dirawat :
Klien mengatakan BAB lancar sebelum sakit dan tidak diare

i.        Sensori persepsi dan kognitif
Ggn penglihatan           : Tidak
Ggn pendengaran         : Ya klien kesulitan dalam mendengar pembicaraan     orang lain
Ggn penciuman         : Tidak
Ggn sensori taktil      : Tidak
Ggn pengecapan       : Tidak

5.    Pemeriksaan fisik
a.         Keadaan umum
Kesadaran         : Composmetis
GCS                  : 15 ; (E4 V6 M5)
Vital Sign          :TD               :130/80 mmHg
                          Nadi             : 84x/mnit
                          Irama            : reguler
                          Kekuatan      : kuat
Respirasi            : 24x/mnit
Irama                 : teratur
Suhu                  : 38,80C

b.        Kepala
Kulit                  : Bersih tidak ada lesi,dan sianosis
Muka                 : simetris, Tidak ada lesi dan sianosis
Mata                  : Konjungtiva               : anemis          
                          : Sclera                         : anikterik
                          : Pupil                           : Isokor
                          : Reflek Cahaya           : Positif
                         
Hidung              : Simetris Kiri kanan, tidak ada sumbatan
Mulut                : Gigi                : tidak ada karies gigi
                          : Bibir               : Mukosa bibir lembab
Telinga              : Simetris, ada penumpukan serumen,pus, ada pembengkakan pada kedua telinga bagian belakang dan tampak kemerahan dan nyeri.


c.       Leher                  :
Simetris tidak ada pembesran kelenjar Tiroid, maupun pembesaran JVP, tidak ada kesulitan menelan

d.        Dada
Bentuk              : Simetris
                          : Pulmo : Inspeksi         : Bentuk dada Ki/ka Simetris
: Palpalsi           :Taktil fremitus Ki/Ka dan                       pengembangan dada sama
                                       : Perkusi          : sonor
                                       : Auskultasi     : tidak ada bunyi napas tambahan
                                   Cor       : Inspeksi         : Ictus cordis tidak terlihat
: Palpasi            : tidak ada pembesaran pada jantung di mid axila
                                                : Perkusi          : redup
                                                : Auskultasi     : tidak ada bunyi jantung tambahan

e.         Abdomen
Inspeksi              : simetris
Auskutasi           : peristaltik usus 15x/mnit
Palpasi                 : Tidak ada pembesaran Hepar, ada benjolan di perut bagian bawah saat di palpasi benjolan teraba padat benjolan menetap, diameter 1cm
Perkusi               : Suara tymphani

f.         Genitalia            : tidak terkaji

g.        Rektum             : tidak terkaji

h.        Ekstremitas
Atas                  
ROM Kanan     : derajat 5 (normal)
ROM Kiri          : derajat 5 (normal)
Bawah              
ROM Kanan     : derajat 5 (normal)
ROM Kiri          : derajat 5( normal)
Capilarry reffil  : < 2 detik
ROM Ka/ki       : Aktif
Akral                 : hangat


6.      Psiko sosio budaya dan spiritual
Psikologi:
perilaku verbal pasien kurang komunikatif . keadaan emosi pasien  tidak stabil karena ia merasa cemas dengan kondisinya. Klien mudah tersinggung
Sosio :
Klien kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang di sekitarnya, bicara dengan klien harus keras dan menggunakan isyarat dengan tangan, jarak harus dekat dengan klien.
Budaya :
Dalam  kesehariannyan klien berbahasa jawa.
Spiritual:
  Klien beragama islam. Ia selalu rajin beribadah.

7.      Pemerikasaan penunjang

v  Foto Ro: Mastoiditis bilateral tipe sklerotik. 
v  Ct scant  : ada kelainan telinga tengah, mastoid dan telinga dalam. Yang memperlihatkan penebalan mukosa dalam rongga telinga tengah di samping dalam rongga mastoid.
v  Otoskopi: terlihat infeksi telinga tengah
8.      Terapi/Pengobatan
v  Infus RL 20 tts/mnt.
v  Klindamycin 3x300 mg.
v  Mefenamat acid 3x500 mg k/p



ANALISA DATA

TGL/JAM
DATA FOKUS
ETIOLOGI
PROBLEM
18 agust 2011
09.15 wib
DS:
P  : nyeri terjadi  saat klien beraktivitas dan berkurang saat klien duduk dan istrahat
Q: nyeri tekan
R:  nyeri pada bagian belakang telinga kiri dan kanan
S: 6
T: 0-10 menit nyeri hilang timbul
DO :
TTV: TD 130/80 mmHg, N 84x/mnt, RR 24x/mnt

Agen injuri biologis
Nyeri kronis
18 agust 2011
09.15 wib
DS:
-        Klien mengeluh pendengaran telinga kiri dan kanan  menurun/tidak mendengar sejak 2 tahun yang lalu, dan klien mengeluh telinga kanan dan kiri 1 bulan terakhir sering basah karena keluar cairan dari  dalam telinga
-        Klien mengatakan kepalanya kadang- kadang  pusing

DO:
-        Keluarnya cairan dari kedua telinga klien baik bening maupun berupa lendir dan pus
-        TTV: TD 130/80 mmHg, nadi 84x/mnt,RR 24x/menit, suhu 38,8oC,
-        Hasil pemerikasaan penunjang didapatkan:
·         Ct scant         : ada kelainan telinga tengah, mastoid dan telinga dalam. Yang memperlihatkan penebalan mukosa dalam rongga telinga tengah di samping dalam rongga mastoid.
·         Foto Ro: Mastoiditis bilateral tipe sklerotik. 
·         Otoskopi: terlihat infeksi telinga tengah

Perubahan presepsi sensori
Gangguan  sensori/persepsi (auditoris)
18 agust 2011
09.15 wib
DS:
-  klien mengatakan badannya terasa demam
DO:
-  badan klien terasa panas, TTV: TD 130/80mmHg, N 110x/mnt, Suhu 38,8oC
proses inflamasi
Hipertermi

Prioritas Diagnosa

1.      Nyeri berhubungan agen injuri biologis ditandai dengan, P  : nyeri terjadi  saat klien beraktivitas dan berkurang saat klien duduk dan istrahat, Q: nyeri tekan, R: nyeri pada bagian belakang telinga kiri dan kanan, S: 6, T: 0-10 menit nyeri hilang timbul,
TTV: TD 130/80 mmHg, N 84x/mnt, RR 24x/mnt
2.        Gangguan  sensori/persepsi (auditoris) b.d Perubahan presepsi sensori ditandai dengan Klien mengeluh pendengaran telinga kiri dan kanan  menurun/tidak mendengar sejak 2 tahun yang lalu, dan klien mengeluh telinga kanan dan kiri 1 bulan terakhir sering basah karena keluar cairan dari  dalam telinga, klien mengatakan kepalanya kadang- kadang  pusing. Keluarnya cairan dari kedua telinga klien baik bening maupun berupa lendir dan pusing.
TTV: TD 130/80 mmHg, nadi 84x/mnt,RR 24x/menit, suhu 38,8oC,
3.    Hipertermi b.d proses penyakit yang ditandai dengan klien mengatakan badannya terasa demam, badan klien terasa panas.
TTV: TD 130/80mmHg, N 110x/mnt, Suhu 38,8oC.



RENCANA TINDAKAN


NO
DIAGNOSA
TUJUAN DAN KRITERIA HASIL
INTERVENSI
RASIONAL
TTD/
NAMA
1
Nyeri berhubungan agen injuri biologis
Setelah dilakukan tindakan selama 1x24 jam nyeri klien dapat teratasi dengan kriteria hasil;
1.      Klien mengatakan nyeri berkurang dengan sekala nyeri dari 6 ke 3
2.      Klien tampak rileks
3.      TTV dalam batas normal TD:110-120/70-80 mmhg
N:60-100
1.    Kaji skala nyeri klien
2.    Lakukan pemeriksaan fisik telinga
3.    Ajarkan tehnik relaksasi
4.    Kolaborasikan dengan dokter pemberian analgetik
1.     Untuk mengetahui tingkatan nyeri yg dirasakan klien.
2.     Untuk mengetahui keadaan dan kondisi telinga klien
3.     Untuk mengurangi rasa nyeri yg dirasakan klien
4.     Untuk mengatasi rasa nyeri,sehingga nyeri dapat berkurang dalam pemberian obat
klmpk 2
2.
Gangguan  sensori/persepsi (auditoris) b.d Perubahan persepsi sensori
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 2 x 24 jam penurunan sensori persepsi dapat teratasi dengan kriteria hasil :
1.      Klien mengatakan sudah tidak pusing lagi,
2.      Klien mengatakan sudah dapat mendengar kembali
3.      Hasil pemeriksaan fisik telinga dalam rentang normal
1.      pantau dan dokumentasikan perubahan status neurologis pasien
2.      lakukan pemeriksaan fisik telinga
3.      kolaborasikan untuk pemberian alat bantu poendengaran
1.      untuk mengetahui adanya perrubahan terhadap status neurologis pasien
2.      untuk mengetahui keadaan umum telinga klien dan mengurangi pengeluaran cairan
3.      membantu klien untuk mendengar
klmpk 2
3.
Hipertermi b.d proses penyakit
Setelah dilakukan tindakan keperawatan 1x24 jam hipertermi dapat diatasi dengan kriteria hasil:
1.      Klien mengatakan sudah tidak demam lagi
2.      Badan klien tidak panas lagi
3.      TTV dalam rentang normal,  suhu 36,5-37,5oC, TD 110-120/70-80 mmHg N 60-100
1.      Monitor suhu tubuh klien
2.      Lakukan kompres hangat
3.      Anjurkan klien menggunakan pakaian yang tipis
4.      Kolaborasihan dengan dokter untuk pemberian antipiretik
1.      Untuk mengetahui penurunan suhu tubuh klien
2.      Membantu menurunkan suhu tubuh klien
3.      Untuk menurunkan hipertermi
4.      Agar suhu tubuh klien kembali normal
klmpk 2






CATATAN PERKEMBANGAN 1
NO
TGL/JAM
IMPLEMENTASI
EVALUASI
NAMA/ TTD
1.
18 Agustus 2011
09.15 wib
1.        Mengkaji skla nyeri klien
S: klien mengatakan nyeri berkurang
O:  skala nyeri 3 klien tampak rileks
2.         Melakukan pemeriksaan fisik  telinga
S : -
O: klien mau untuk dilakukan pemeriksaan fisik
3.        Mengajarkan tekhnik relaksasi
S: klien mengatakan mau diajarkan tehnik relaksasi
O: klien tampak mengerti semua yang diajarkan
4.         Berkolaborasikan dengan dokter pemberian analgetik
S:-
O: klien mau menerima terapi analgesik
18 Agustus 2011
13.00 WIB
S: Klien mengatakan sudah tidak merasa nyeri lagi

O: Skala nyeri klien 3, klien tampak rileks

A: Tujuan tercapai

P: Intervensi dihentikan

klmpk 2
2.
18 Agustus 2011
09.30 wib
1.      Memantau dan dokumentasikan perubahan status neurologis pasien
S:-
O: status gizi klien baik
2.      Melakukan pemeriksaan fisik telinga
S:-
O: Telinga klien sedikit kemerahan dan masih ada oedema
3.      Berkolaborasi untuk pemberian alat bantu pendengaran.
S:-
O: klien menerima alat bantu pendengaran
18 Agustus 2011
13.00 WIB
S: Klien sudah dapat mendengar walaupun belum bisa mendengar secara efektif

O: Telinga klien sedikit kemerahan dan masih ada oedema


A: Tujun belum tercapai

P: Intervensi  1,2  dilanjutkan
klmpk 2
3.
18 Agustus 2011
09.50 wib
1.      Memonitoring suhu tubuh klien
S:
O: suhu tubuh klien dalam rentang normal (37,5oC)
2.      Melakukan kompres hangat
S: klien mengatakan mau dikompres hangat
O: klien menerima kompres hangat
3.         Menganjurkan klien menggunakan pakaian yang tipis
S:-
O: klien melakukan semua yang dikatakan perawat
4.      Berkolaborasihan dengan dokter untuk pemberian antipiretik
S:-
O: klien menerima analgesik
18 Agustus 2011
13.00 WIB

S:  Klien mengatakan sudah tidak demam lagi

O: Suhu tubuh klien sudah kembali normal  (36,5 – 37,50 C)

A: Tujuan tercapai

P: Intervensi dihentikan
klmpk 2










CATATAN PERKEMBANGAN II

NO
TANGGAL/JAM
IMPLEMENTASI
EVALUASI
NAMA/TTD
2
19 Agustus 2011
13.00 WIB

1.      Memantau dan dokumentasikan perubahan status neurologis pasien
S:-
O: status gizi klien baik
2.      Melakukan pemeriksaan fisik telinga
S:-
O: Telinga klien tidak merah dan tidak ada oedem
3.      Berkolaborasi untuk pemberian alat bantu pendengaran.
S:-
O: klien menerima alat bantu pendengaran
19 Agustus 2011
19.45 WIB
S: Klien sudah dapat mendengar walaupun belum bisa mendengar secara efektif

O: telinga klien sudah tidak kemerahan dan oedem


A: Tujun tercapai

P: Intervensi  1,2 dihentikan
klmpk 2



BAB IV
PENUTUP

a.      Kesimpulan
Mastoiditis adalah sel-sel udara mastoid sering kali terlibat, menimbulkan peradangan dan nekrosis tulang yang terlokalisasi dan ekstensif (osteomyelitis)
Mastoiditis diakibatkan oleh menyebarnya infeksi dari telinga bagian tengah, infeksi dan nanah mengumpul di sel-sel udara mastoid. Mastoiditis kronik dapat mengakibatkan pembentukan kolesteatoma, yang merupakan pertumbuhan kulit ke dalam (epitel skuamosa) dari lapisan luar membran timpani ke tengah. Mastoiditis dibagi menjadi 2 macam, yaitu bentuk jinak (benigna) dan bentuk ganas (maligna)
Mastoiditis terjadi sebagai komplikasi otitis media akut yang telah diobati secara tidak memadai dan merupakan perluasan infeksi ke dalam sistem sel udara mastoid yang berisi udara dengan osteoporosis hiperemik

b.      Saran
Penulis menghimbau kepada semua pembaca pada umumnya dan mahasiswa S1 keperawata universitas Respati yogyakarta  pada khususnya agar selalu menjaga kebersihan telinga dari virus agar kuman, sebaliknya apabila seorang terkena otitis harus diobati secara tuntas agar tidak terjadi infeksi pada prosesus mastoiditis yang dapat komplikasi yang lebih parah.



DAFTAR PUSTAKA

Adams, G.L, 1997, BOIES Buku Ajar Penyakit THT, Jakarta: EGC
Candra, S. P, 2006, Ringkasan Patologi Anatomi, Jakarta: EGC
Smeltzer, S. C, 2001, Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth, Jakarta: EGC
Wilkinson, J. M, 2007, Buku Ajar Diagnosa Keperawatan dengan Intervensi NIC dan Kriteria Hasil NOC, Jakarta: EGC



2 komentar:

  1. thank you.. sangat membantu.. :)

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat menarik dan bermanfaat, makasih banyak...

    http://www.tokoobatku.com/obat-herbal-penyakit-sinusitis/

    BalasHapus